Sabtu, 04 September 2010

Demak Siap Sambut Pemudik

Hajatan besar pulang kampung yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia akan segera dimulai. Sebagai daerah yang dilalui jalur mudik, Demak jauh-jauh hari telah menyiapkan diri menyambut para pemudik. Seluruh aspek yang menunjang kelancaran dan keselamatan para pemudik telah disiapkan oleh pihak dan instansi terkait. Sehingga masyarakat bisa merayakan Idul Fitri 1432 H dengan tenang.

Tidak seperti tahun - tahun sebelumnya, jalur pantura yang melewati Demak saat ini terdiri dari empat lajur, sehingga kemungkinan macet tidak akan terjadi. Kondisi jalan juga mulus tidak ada lubang, hanya di beberapa titik jalan sedikit bergelombang tepatnya dari SPBU Trengguli (titik GPS: -6.876637,110.694636)  hingga Pasar Gajah (titik GPS: -6.870422,110.733465), pengendara terutama sepeda motor yang melewati daerah ini diharapkan lebih  berhati-hati. Sementara itu kemacetan yang sering terjadi di Pasar Bintoro, dapat diatasi dengan mengalihkan jalur melalui Jalur Lingkar Demak. Kemacetan di Pasar Bintoro (titik GPS: -6.890722,110.641174) biasanya terjadi pada waktu pagi hingga menjelang pukul tiga sore, sebaiknya pada jam - jam tersebut pemudik tidak melalui jalur ini.

Untuk mendukung kelancaran mudik lebaran, sejumlah petugas gabungan dari elemen Kepolisian, TNI, Tenaga Medis, dan Satpol PP, telah dikerahkan dengan mendirikan Posko Lebaran. Posko lebaran di jalur pantura Demak tersebar di tiga titik yaitu di Sayung, Demak kota (alun-alun), dan Karanganyar. Di posko ini para pemudik bisa istirahat, dan memeriksa kondisi kesehatan.

Untuk pemudik yang berombongan dengan sepeda motor, bisa meminta petugas untuk mengawal. “Kalau ada pemudik bersepeda motor yang bergerombol, maka kita siap mengawal mereka hingga ke perbatasan. Pengawalan kita berikan agar mereka terarah dalam berkendara,” Kata Kapolres Demak AKBP Wawan Ridwan.

Selain Posko Lebaran, di sepanjang Jalur pantura demak, terdapat sejumlah tempat yang dapat digunakan oleh para pemudik untuk istirahat, sholat dan MCK seperti masjid-masjid besar yang memiliki area parkir yang luas. Juga sejumlah SPBU besar yang memiliki fasilitas lengkap yang mendukung para pemudik saat transit beristirahat.

Jika mobil atau ponsel anda telah dilengkap fitur GPS, berikut ini adalah kordinat GPS tempat-tempat yang bisa membantu kenyamanan mudik anda yang saya ambil dari google map.


Posko Lebaran :
Posko Lebaran Sayung : -6.931695,110.539042
Posko Lebaran Alun-alun Demak : -6.894057,110.638873
Posko Lebaran Karanganyar: -6.860583,110.779955

Masjid dan SPBU dengan fasilitas yang memadai:
Masjid Sayung : -6.941835,110.506291
Masjid Agung Demak : -6.894654,110.637441
Masjid Gajah : -6.870499,110.734835
Masjid Al Hidayah Wonoketingal : -6.865355,110.758956
Mushola Karanganyar : -6.847749,110.807692
SPBU Jalan Lingkar : -6.896518,110.656238
SPBU Wonoketingal : -6.864228,110.766145

Titik Rawan Kemacetan:
Pasar Bintoro (Biasa terjadi dari pagi sampai pukul 3 siang)


Jangan Lupa Mampir Masjid Agung Demak

Jika anda melewati Demak, sangat disayangkan jika anda tidak mampir di Masjid Agung Demak. Ada sejumlah alasan kenapa anda musti mengunjungi Masjid Agung Demak. Masjid tertua di Pulau Jawa ini menyimpan nilai sejarah dan spiritual yang tinggi. Anda bisa menyaksikan secara langsung bukti sejarah perkembangan islam di Indonesia, anda juga bisa melihat barang-barang bersejarah peninggalan kerajaan islam pertama di Jawa yang terdapat di Museum Masjid Agung Demak.

Secara sepiritual, anda bisa belajar banyak bagaimanan para wali, pemimpin islam mejalani ajaran agama di tanah jawa secara arif dan bijaksana. Ada sejumlah cerita yang mengkisahkan tentang Masjid agung demak dan para pemimpin kerajaan demak yang hanya akan anda dapat di sana.

Jika anda mampir di Masjid Agung Demak, jangan lupa bawakan buah tangan khas dari Demak untuk keluarga anda di Kampung. Oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan adalah Jambu citra dan merah delima serta Belimbing Demak. Kedua Buah ini adalah ikon daerah demak. Anda belum bisa dikatakan berkunjung ke Demak kalo belum membeli buah ini.


Referensi:
Image courtesy: http://zonamobilindo.blogspot.com

9 Komentar

thanks...
nice info...
conabin deh web PPC Lokal baru yang satu ini...

Demak termmasuk salah satu kota strategis ketika musim mudik lebaran tiba. semoga semua pemudik selamat sampai tujuan agar bisa segera bertemu dg sanak kerabatnya di kampung halaman.

wah, ane udah dirumah nih.. :)
tapi ane juga gak lewati demak nek mudik.. hehe

salam hangat!

To Pak Sawali
Kendal juga masuk pantura yang strategis

To Akhi Affan,
Salam Hangat juga.. karena Jogja - Solo nggak mungkin lewat pantura.. Met lebaran

Saya gak mudik lewat demak, tapi saya ingin skali mengunjungi (plus Sholat)di Mesjid Demak yang saya dengar namanya sejak saya SD.
Salam Hangat dari Majalengka.

To Mang Eka..

moga secepatnya bisa berziarah ke Masjid Agung Demak

Yang sedang ataupun akan melakukan perjalanan mudik, ati2 dijalan ya! Utamakan keselamatan. Biar lambat asal selamat. :)


EmoticonEmoticon