Betonisasi Infrastruktur Dipacu

UNTUK mengejar ketertinggalan dari daerah lain, lima tahun terakhir ini Demak menggalakkan pembangunan berbagai sarana infrastruktur. Pemkab meyakini, dengan sarana infrastruktur yang memadai, masyarakat akan menjadi lebih mudah menjalankan berbagai usaha.

"Supaya kami tidak tertinggal, maka infrastruktur yang ada harus dibenahi. Keberadaan jalan, jembatan dan berbagai sarana publik lainnya harus diwujudkan dalam kondisi layak,"kata Tafta.

data infrastruktur jalan di demak
Menurut dia, sarana infrastruktur yang paling diprioritaskan adalah jalan. Maka, jalan-jalan antar kecamatan hingga jalan di desa-desa, semuanya diperbaiki. Perbaikan dilakukan  menggunakan konstruksi cor beton, aspal, hotmix dan makadam.
"Khusus ruas jalan yang berada di wilayah bertekstur labil, kami bangun dengan cor beton. Dengan konstruksi ini, jalan menjadi awet, sehingga perawatannya lebih mudah," terangnya.

Untuk pembangunan jalan beton, lanjut dia, hingga tahun 2010 telah terealisasi sepanjang 142.337 meter, sedangkan yang menggunakan aspal mencapai 101.494 meter, dan hotmix sepanjang 65.995 meter. "Tahun 2010 betonisasi kami laksanakan di 43 ruas jalan. Ruas jalan yang padat lalu lintas menjadi prioritas. Misalnya ruas jalan Buyaran - Guntur, Gajah - Dempet, Demak - Bonang, Dempet - Mintreng dan Bonang - Wedung. Alhamdulillah, ruas jalan Onggorawe Mranggen yang tergolong paling padat, tahun ini sudah mulus total."

Potensi Warga 

Dia menjelaskan, potensi masyarakat di setiap ruas jalan kabupaten memang berlainan. Misalnya di ruas jalan Dempet Mintreng, selain potensi pertanian yang menonjol, juga terdapat potensi UMKM. Desa Prigi, Kebonagung berada di ruas jalan ini.

Di desa itu terdapat sejumlah perajin sepatu olahraga. Keberadaan jalan yang mulus, sangat membantu mereka dalam melakukan pemasaran. Ruas jalan Dempet Mintreng memiliki panjang 6.810 meter. Sejak 2006, betonisasi di ruas ini dilakukan berkelanjutan. Tahun 2010 ini, betonisasi telah mencapai 4.534 meter. Selain itu juga dilakukan pembangunan menggunakan sistem hotmik sepanjang 1.110 meter, dan aspal sepanjang 1.176 meter. "Ruas jalan ini memang termasuk prioritas," ungkapnya.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Demak, Ir Endang Tri Wahyuningsih, mengakui membaiknya infrastruktur di wilayah ini sangat berpengaruh terhadap upaya pengentasan kemiskinan.

Petani yang sebelumnya mendominasi sebagai Rumah Tangga Sasaran (RTS), kini telah mengalami perbaikan hidup.

Menurut dia, infrastruktur yang mulus sangat menguntungkan petani, terutama pada masa-masa pascapanen. Sebab, biaya transportasi untuk mengangkut hasil panen menjadi lebih murah. Imbasnya, hasil panen bisa terjual dengan harga yang relatif tinggi.

Tulisan ini merupakan bagian dari liputan khusus Suara Merdeka Edisi 21 September 2010  yang ditulis oleh Wartawan Suara Merdeka Hari Santoso dan Hasan Hamid dengan tema : Demak Berbenah Mengatasi Ketertinggalan. Liputan ini memuat lima tulisan yang mengangkat 3 Sektor pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Demak dalam mensejahterakan masyarakat. 3 sektor yang disorot yaitu infrastruktur, pertanian dan kependudukan. Sektor ini merupakan sektor - sektor yang dianggap berhasil mengangkat kesejahteraan masyarakat.
Baca juga empat tulisan berikut yang termuat dalam liputan khusus Suara Merdeka :
________________________
Sumber dan image courtesy : Suara Medeka Edisi 21 September 2010 Halaman 19 kolom Gerbang

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...


Nama

Agenda,4,Agenda Kita,6,Bisnis,9,Celotehan,19,CPNS 2014,2,Demak Dalam Berita,2,Ekonomi,2,Informasi,39,Inspirasi Wong Demak,3,Intermezzo,1,kitab,1,Kreasi,1,Layanan Masyarakat,3,Lingkungan,3,Lowongan Kerja Demak,2,Opini,2,Peluang Bisnis,2,Pengajian Rutin,1,Pertanian,2,Pokemon Go,1,PSD Demak,2,Ragam,16,Sejarah,4,Tutorial,1,
ltr
item
Demak-ku: Betonisasi Infrastruktur Dipacu
Betonisasi Infrastruktur Dipacu
http://2.bp.blogspot.com/_tGzzcoiKunw/TJu54AKZUfI/AAAAAAAAAqk/_kBOt7YvVik/s320/21_09_2010_019_0261.jpg
http://2.bp.blogspot.com/_tGzzcoiKunw/TJu54AKZUfI/AAAAAAAAAqk/_kBOt7YvVik/s72-c/21_09_2010_019_0261.jpg
Demak-ku
https://demak-ku.blogspot.com/2010/09/betonisasi-infrastruktur-dipacu.html
https://demak-ku.blogspot.com/
https://demak-ku.blogspot.com/
https://demak-ku.blogspot.com/2010/09/betonisasi-infrastruktur-dipacu.html
true
949093178078590154
UTF-8
Semua postingan yang dimuat Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua Disarankan untuk anda LABEL Arsip SEARCH SEMUA TULISAN Tulisan yang anda inginkan tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah tersalin Tidak dapat menyalin kode/tulisan silahkan tekan tombol [CTRL]+[C} untuk menyalin