Fantastis!!! Beras "Premium" Petani Demak Dihargai Hingga 30 ribu Per Kilo

Beras Hitam Produksi Petani Mlatiharjo Kecamatan Gajah Kabuoaten Demak
Demak - Sejumlah petani di Kabupaten Demak membuat varietas padi unggulan untuk meningkatkan kualitas beras yang diproduksi. Padi kualitas unggulan itu dinilai mampu menaikkan nilai tawar karena beras yang diproduksi dibeli dengan harga tinggi.

“Kami produksi beras hitam, merah, dan beras Jepang. Harga jualnya lebih tinggi di atas Rp20 ribu per kilo,” kata Hery Sugiartono, petani dari Kelompok Tani Sri Rahayu dan Gabungan Kelompok Tani Melati Mandiri, Desa Mlatiharjo Kecamatan, Gajah, Kabupten Demak, Jum’at 22 Juli 2016.

Beras hitam yang mereka produksi dijual seharga Rp30 ribu, beras merah Rp20 ribu beras Jepang Rp16 ribu. Menurut Hery, beras yang diproduksi petani di kampungnya itu banyak diual oleh perorangan dengan pemasaran secara online, meski begitu tak sedikit perusahaan ingin memasarkan dalam skala besar.

Beras yang dibudidayakan oleh kelompok tani di Desa Mlati itu merupakan bibit hasil silang di lahan seluas 40 hektare. Upaya menciptakan bibit dengan varietas padi unggulan itu berawal dari keprihatinan terhadap fluktuasi harga beras lokal yang rendah dan adanya beras impor. Selain itu, selama ini petani terkendala lamanya masa tanam padi unggulan. “Padi kami berusia pendek." Beras hitam misalnya, ditanam hanya 3,5 bulan sampai enam bulan.


Menanam padi unggulan itu dimulai sejak 2004 dengan dampingan peneliti Balai Tanaman Pangan Bogor. Saat itu petani Desa Mlatiharjo di Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak mendapat bantuan bibit padi hibrida dari Cina yang ternyata gagal ditanam karena tak cocok dengan iklim tropis.

Tak mau menyerah sejumlah bibit tersisa dari Cina itu dikawin silangkan dengan varietas lokal yang hasilnya memunculkan kualitas lebih baik yang kini dibranding oleh petani dengan nama beras sesuai nama kampungnya itu.

Beras yang diproduksi petani Desa Mlatiharjo itu cenderung sehat karena tak hanya mengandung karbohidrat berat, namun juga kaya mineral dan nutrisi lain. Beras pun dikemas dengan cara lebih higienis melalui tekhnik vakum sehingga lebih tahan lama. “Kami punya konsep pertanian dikelola secara industri kemasan, tanpa pengawet, pakai vakum."

Mereka juga sedang mengujicoba kreativitas beras dengan kandungan zat besi tinggi. Baik untuk ibu hamil yang selama ini kurang darah.

Sumber: https://m.tempo.co/amphtml/read/news/2016/07/22/090789724/dongkrak-harga-beras-petani-demak-tanam-padi-hitam

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...


Nama

Agenda,4,Agenda Kita,6,Bisnis,9,Celotehan,19,CPNS 2014,2,Demak Dalam Berita,2,Ekonomi,2,Informasi,39,Inspirasi Wong Demak,3,Intermezzo,1,kitab,1,Kreasi,1,Layanan Masyarakat,3,Lingkungan,3,Lowongan Kerja Demak,2,Opini,2,Peluang Bisnis,2,Pengajian Rutin,1,Pertanian,2,Pokemon Go,1,PSD Demak,2,Ragam,16,Sejarah,4,Tutorial,1,
ltr
item
Demak-ku: Fantastis!!! Beras "Premium" Petani Demak Dihargai Hingga 30 ribu Per Kilo
Fantastis!!! Beras "Premium" Petani Demak Dihargai Hingga 30 ribu Per Kilo
https://1.bp.blogspot.com/-WtlKlkhVAmU/V5LfgvvA_kI/AAAAAAAACE0/ygmvwSdecMAI_uiYI5d7O1tqywKc3mQ8gCLcB/s320/IMG_20160723_072834.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WtlKlkhVAmU/V5LfgvvA_kI/AAAAAAAACE0/ygmvwSdecMAI_uiYI5d7O1tqywKc3mQ8gCLcB/s72-c/IMG_20160723_072834.jpg
Demak-ku
https://demak-ku.blogspot.com/2016/07/fantastis-beras-premium-petani-demak-dihargai-30-ribu.html
https://demak-ku.blogspot.com/
https://demak-ku.blogspot.com/
https://demak-ku.blogspot.com/2016/07/fantastis-beras-premium-petani-demak-dihargai-30-ribu.html
true
949093178078590154
UTF-8
Semua postingan yang dimuat Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua Disarankan untuk anda LABEL Arsip SEARCH SEMUA TULISAN Tulisan yang anda inginkan tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah tersalin Tidak dapat menyalin kode/tulisan silahkan tekan tombol [CTRL]+[C} untuk menyalin