Usaha Cincau, Untungnya Sesegar Rasanya

Banyak orang bingung ingin usaha apa di Demak, baik mereka yang tinggal di Demak maupun mereka yang merantau di luar daerah. Ide bisnis apa saja yg bisa dikembangkan di Demak? Diantara ide bisnis bisa anda gali dari keahlian yang diwariskan oleh orang tua anda. Jika anda punya keahliah yang anda peroleh dari orang tua anda, cobalah anda kembangkan menjadi sebuah usaha. Siapa tahu itu menjadi pintu sukses anda.



Seperti kisah pengusaha cincau ini, dia mewarisi keahlian dari orang tuanya dan mengembangkannya menjadi bisnis yg menguntungkan. Kisah ini daya ambil dari koran lokal semoga menginspirasi anda. Berikut kisahnya

Sesegar rasanya. ya bisnis pembuatan cincau hitam ternyata prospeknya sesegar rasanya. Bermula dari bisnis keluarga usaha tersebut kini telah menjadi andalan warga satu kampung di Desa Botorejo, Kecamatan Demak.
Ali Sofwan (36) salah seorang pengrajin cincau mengatakan usaha ini telah berlangsung selama tiga generasi secara turun temurun.

Generasi pertama, bisnis ini dikembangkan oleh neneknya, Hj Sripah, lalu dilanjutkan oleh bibinya Ali yang bernama Rondiyah. "Dari kecil kami sudah diajari bagaimana membuat cincau. Dari delapan bersaudara, hanya saya dan adik keempat yang meneruskan usaha nenek," kata pria yang sehari-hari bekerja sebagai perangkat desa ini.

Delapan tahun lalu, saat merintis usaha itu, ALi memproduksi cincau sekitar 5-10 ember, satu ember cincau berisi 20 kilogram. Tapi kini cincau yang diproduksi dalam sehari bisa mencapai 30 ember.

Dalam sebulan, suami Sulistyawati (27) ini mampu meraih penghasilan kotor sebesar 18 juta . Begitu pun dengan jumlah pegawai, dari satu orang saat usaha itu dirintis dan kini telah bertambah menjadi enam orang.
Pamor cincau hitam dari Desa Botorejo tidak hanya populer di Demak, tapi juga sampai ke Kendal, Purwodadi, dan Jepara. Tak ayal ada sekitar empat keluarga yang menggeluti usaha serupa di desa tersebut.

KOMBINASI

Ali mengatakan bahan dasar pembuatan cincau ini kombinasi antara tepung ketela dan daun janggelan dalam kondisi sudah kering. Ia mendatangkan daun janggelan langsung dari Pacitan, Jatim.

Satu Kilogram campuran daun janggelan dan tepung tapioka bisa menghasilkan cincau sebanyak empat ember.

Bapak dua anak ini mengaku, usaha sempat meredup ketika para eksportir mengincar daun janggelan sekitar dua tahun yang lalu. Saat itu daun janggelan sebagai bahan dasar cincau, diburu untuk diekspor sebagai bahan dasar kosmetik ke Tionkok, Malaysia, dan India.

Selain Pacitan ada juga daun janggelan yang berasal dari Magetan dan Madura, Tapi kualitasnya yang paling baik dari Pacitan" Imbuhnya.

Suara Merdeka : Sabtu 7 September 2014

COMMENTS

Nama

Agenda,4,Agenda Kita,6,Bisnis,9,Celotehan,19,CPNS 2014,2,cpns 2018,1,Demak Dalam Berita,2,Ekonomi,2,Informasi,39,Inspirasi Wong Demak,3,Intermezzo,1,kitab,1,Kreasi,1,Layanan Masyarakat,3,Lingkungan,3,Lowongan Kerja Demak,2,Opini,2,Peluang Bisnis,2,Pengajian Rutin,1,Pertanian,2,Pokemon Go,1,PSD Demak,2,Ragam,16,Sejarah,4,Tutorial,1,
ltr
item
Demak-ku: Usaha Cincau, Untungnya Sesegar Rasanya
Usaha Cincau, Untungnya Sesegar Rasanya
Demak-ku
https://demak-ku.blogspot.com/2014/09/usaha-cincau-untungnya-sesegar-rasanya.html
https://demak-ku.blogspot.com/
https://demak-ku.blogspot.com/
https://demak-ku.blogspot.com/2014/09/usaha-cincau-untungnya-sesegar-rasanya.html
true
949093178078590154
UTF-8
Semua postingan yang dimuat Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua Disarankan untuk anda LABEL Arsip SEARCH SEMUA TULISAN Tulisan yang anda inginkan tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah tersalin Tidak dapat menyalin kode/tulisan silahkan tekan tombol [CTRL]+[C} untuk menyalin