Petani Telah Beralih Ke Jagung Bibit Unggul

Demak - Bagi petani di wilayah Kecamatan Guntur, Mranggen, Sayung dan Karangawen, mendapatkan panenan berlimpah di musim kemarau tak pernah terbayangkan. Selama ini mereka selalu minus karena hasil panenan merosot. Ketika menanam tembakau, harga anjlok lantaran panen raya yang bersamaan. Belum lagi bila cuaca kemarau yang diiringi gerimis. Tembakau dipastikan rusak.

Begitu pula saat menanam jagung unyil, yakni jagung ukuran kecil yang dikhususkan untuk pakan burung. Panenan hanya mampu menghasilkan 1 ton tak bisa diharapkan memberi pendapatan lebih. Karena itu ketika melihat hasil panenan jagung hibrida yang mampu mencapai 12,7 ton perhektar, mereka merasakan kegembiraan luar biasa.

Misrudin, petani asal Desa Pamongan Kecamatan Guntur menuturkan, langkah Dinpertan Demak yang memberi keyakinan kepada petani agar menanam bibit jagung unggul, ternyata merubah pola pikir mereka. Ia mengaku pada tahun-tahun lalu selalu merugi, kalaupun mendapat laba tidak terlalu tinggi. Sekarang mereka merasa mendapat hasil melimpah.

Menurutnya, ketika mencoba bibit jagung hibrida sempat muncul perasaan khawatir. Sebab, ketika benih mulai tumbuh warna daunnya kurang hijau. Belum lagi saat musim kemarau di daerahnya mengalami kekurangan air. Sejak awal tanam, hanya mendapat pengairan minggu pertama. Dan setelah itu tak memperoleh suplai air hingga panen. Ternyata kekhawatirannya terjawab karena jagung hibrida sangat bagus, meski kekurangan air hasilnya cukup berlimpah.

Sementara itu Plt Kepala Dispertan Demak Ir Wibowo Msi mengajak para petani untuk berani mengambil terobosan baru dengan menggunakan bibit unggul. (ANA)

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...


Nama

Agenda,4,Agenda Kita,6,Bisnis,9,Celotehan,19,CPNS 2014,2,Demak Dalam Berita,2,Ekonomi,2,Informasi,39,Inspirasi Wong Demak,3,Intermezzo,1,kitab,1,Kreasi,1,Layanan Masyarakat,3,Lingkungan,3,Lowongan Kerja Demak,2,Opini,2,Peluang Bisnis,2,Pengajian Rutin,1,Pertanian,2,Pokemon Go,1,PSD Demak,2,Ragam,16,Sejarah,4,Tutorial,1,
ltr
item
Demak-ku: Petani Telah Beralih Ke Jagung Bibit Unggul
Petani Telah Beralih Ke Jagung Bibit Unggul
Demak-ku
https://demak-ku.blogspot.com/2009/04/petani-telah-beralih-ke-jagung-bibit.html
https://demak-ku.blogspot.com/
https://demak-ku.blogspot.com/
https://demak-ku.blogspot.com/2009/04/petani-telah-beralih-ke-jagung-bibit.html
true
949093178078590154
UTF-8
Semua postingan yang dimuat Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua Disarankan untuk anda LABEL Arsip SEARCH SEMUA TULISAN Tulisan yang anda inginkan tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah tersalin Tidak dapat menyalin kode/tulisan silahkan tekan tombol [CTRL]+[C} untuk menyalin