Selasa, 03 Agustus 2010

2010: Tidak Ada Kesempatan Jadi PNS Demak

Di saat lapangan kerja yang tersedia sedikit, sistem ketenagakerjaan yang tidak menjamin kesejahteraan dan masa depan, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah impian banyak orang. Ada banyak keuntungan besar menjadi PNS, antara lain jaminan masa kerja tetap tanpa harus kuwatir dipecat setiap saat, gaji gede dengan tuntutan kerja yang relatif ringan, tunjuangan ini itu, promosi kenaikan jabatan / golongan dengan mudah, bahkan kemudahan kredit hanya bermodal SK.

Berbeda sekali dengan kerja di instansi swasta, hubungan kerja yang berlaku di instansi swasta didasarkan atas hukum ekonomi, yaitu dengan modal sedikit-sedikitnya diperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Untuk melancarkan hukum ini perusahaan menggunakan istilah "efisiensi", sepanjang hak karyawan bisa dipangkas, maka hak karyawan akan dilenyapkan demi keuntungan perusahaan yang sebesar-besarnya, baik itu melalui legalisasi undang-undang, atau menabrak undang-undang.

Maka tak mengherankan jika setiap ada pengumuman pembukaan CPNS, yang mengantri sangat banyak. Saking banyaknya permintaan jadi PNS, dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab untuk memperkaya diri sendiri dengan menjajikan "lolos jadi PNS".

Akan tetapi di tahun 2010 ini, anda tak perlu bermimpi, atau berebut jadi PNS Demak. Karena jauh hari Pemkab Demak, telah mengumumkan tidak akan melalukan rekruitmen CPNS 2010 jalur umum. Penambahan CPNS Kabupaten Demak tahun 2010 dinilai hanya akan menambah beban belanja Pemerintah Kabupaten, dimana Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat yang menjadi sumber gaji PNS diperkirakan tidak akan bertambah. Demikian Berita Dari Suara Merdeka, Klik Beritanya Di Sini.

Langkah yang diambil Pemerintah Kabupaten Demak, dirasa tepat. Disamping penambahan pegawai baru akan menguras alokasi belanja publik, pelayanan publik masih bisa ditingkatkan dengan meningkatkan kinerja PNS yang belum optimal.

Referensi : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/08/02/118932/Demak-Tak-Buka-PNS-Jalur-Umum


EmoticonEmoticon