Minggu, 12 Juli 2015

Demak Perlu Antisipasi Kemarau Panjang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Jawa Tengah telah memprediksi gejala kenaikan suhu laut samudra fasifik atau El Nino terjadi di Jawa Tengah. Kondisi seperti ini menyebabkan jateng mengalami penurunan intensitas curah hujan sehingga mengalami kekeringan dan kemarau panjang. Jateng berada di titik terdekat dengan matahari pada 22 September 2015.

Demak termasuk daerah yang terancam mengalami kekeringan. Ditutupnya pintu waduk Gedung Ombo pada tanggal 15 juni atau 15 hari lebih awal dari jadwal biasanya, dan akan buka kembali 15 September atau 15 hari lebih lambat dari jadwal biasanya tentu akan menambah parah kekeringan yang akan terjadi di Demak.
Untuk itu Masyarakat di Demak dihimbau untuk hemat dalam pemakaian air. Para petani dihimbau mematuhi pola tanam dan menaati kesepakatan tata alokasi air waduk.
Pemkab sendiri melalui Badan Penanggulangan Bencana Daeeah (BPBD) Demak dan Segenap pihak terkait termasuk kecamatan telah mengalokasikan dana guna menyuplai air melalui drop mobil tanki. Jika kondisi daerah kita mengalami kekeringan dan membutuhkan air silahkan hubungi aparat desa untuk meminta bantuan ke kecamatan agar diteruskan ke BPBD Demak. Sehingga bantuan droping air tanki dapat tersalurkan.
Ingat !!!! Hemat Air....


EmoticonEmoticon