Senin, 11 Oktober 2010

Kalo Mau Informasi Tentang Demak Dimana Ya??

Saat fesbuk-an kemaren, saya dapet kesempatan chatting dengan salah seorang warga demak di perantauan. Salah satu topiknya, dia menanyakan kondisi demak saat ini gimana. Pertanyaan ini muncul dari beliau mungkin karena saya menulis blog demak-ku ini.

Dari chattingan tersebut saya berkeyakinan bahwa beberapa warga demak diperantauan ingin sekali tahu informasi terkini tentang demak. Akan tetapi tak hanya yang diperantauan, yang di demak sendiri
benernya juga pengen tahu sejauh mana sih perkembangan kabupaten yang dia cintai ini?

Ada satu isu pokok yang melatarbelakangi kenapa informasi ini penting dan mereka sangat mencarinya. Hal itu bermuara pada kondisi ekonomi. Masyarakat sangat membutuhkan berita yang bisa memberikan informasi bagaimana bisa mensejahterakan mereka. Mulai dari peluang usaha, akses layanan publik yang mudah, permodalan, cara pengembangan usaha yang berbasis pada potensi lokal demak, hingga bagaimana kehidupan sosial dan budaya di demak untuk menunjang kesejahteraan masyarakat demak.

Bagi warga yang berada di demak, informasi diatas sangat penting. Bagi pelaku usaha lokal misalnya, dia ingin tahu dimana dan bagaimana bisa mengakses permodalan, bagaimana cara mengembangkan pasar, juga bagaimana cara bersaing dengan produk-produk luar negeri. Sementara bagi para pemuda, mereka butuh informasi pekerjaan, peluang usaha, dan pengembangan diri. Bila informasi tersebut tidak mereka dapati sedangkan mereka tidak tahu bagaimana bertahan hidup di Demak, yang terjadi adalah mereka akan merantau ke luar daerah mengikuti saudara, tetangga atau kenalan yang dikabarkan sukses di perantauan. Akibatnya sumber daya manusia yang potensial yang dimiliki oleh Kabupaten Demak banyak yang memilih keluar deerah. Tentu saja ini suatu kerugian besar bagi Kabupaten Demak.

Sementara itu, bagi warga Demak yang diperantauan, inforamasi tentang daerah asalnya sangat mereka butuhkan kerena untuk pertimbangan bagaimana agar bisa hidup kembali menetap di tengah-tengah masyarakat Demak dengan sukses. Meskipun telah sukses di perantauan, sebagai seorang Jawa yang memiliki ikatan kekerabatan yang kuat sampai-sampai ada adagium "mangan ra mangan sing penting ngumpul", keinginan kembali ke daerah hidup menetap dengan sanak saudara dikampung pasti ada di hati kecil mereka. Di samping itu sebagai putra daerah, keinginan untuk berkontribusi bagi daerahnya tentu saja akan muncul. Lebih - lebih ketika dia telah sukses, kesuksesas mereka rasanya tiada artinya kalo tidak bisa membantu saudaranya di kampung. Semangat bali ndeso mbangun deso (mengutip slogan Gubernur Jateng Bibit Waluyo) tersemat di sanubari pada setiap perantau.

Namun, apakah keinginan kembali ke daerah, semangat bali ndeso mbangun deso itu cukup membuat para warga perantuan mau kembali? rasanya tidak. Mereka yang ingin kembali menetap di demak, butuh informasi dan bisa memastikan bahwa ketika dia kembali ke demak bisa sesukses di luar daerah.

Lalu Bagaimana informasi - infomasi itu bisa diperoleh dan disebar luaskan? Bagi warga yang di Demak, informasi itu bisa disebarluaskan melalui jaringan-jaringan informal yang selama ini telah terbentuk di masyarakat, seperti kelompok tani, kelompok nelayan, PKK, jamiyyah-jamiyyah atau perkumpulan-perkumpulan. Meskipun kurang merata, jaringan-jaringan ini terbukti ampuh untuk mensosialisaikan program-program pengembangan dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Oleh karena itu jaringan ini perlu ditingkatkan hingga seluruh lapisan masyarakat bisa memperoleh informasi.

Sementara bagi warga diperantauan, informasi bisa diperoleh melalui beberapa paguyuban yang telah terbentuk atau dari mulut ke mulut antara warga perantauan dengan saudara mereka yang masih di demak. Silaturahim halal bihalal yang diadakan oleh para warga perantau dan dihadiri oleh pemerintah daerah adalah kegiatan positif guna mengembangkan informasi pengembangan Demak.

Memanfaatkan Teknologi Informasi.

Di era kemajuan teknologi informasi, segala macam informsai akan sangat mudah diakses tanpa terkendala ruang dan waktu. Orang di Jakarta di luar jawa bahkan di luar negeri sekalipun akan sangat mudah mengakses informasi tentang Demak dari layar komputer atau HP mereka yang terkoneksi dengan internet.

Meskipun sarana teknologi telah mempermudah seseorang untuk mengakses informasi. tapi masih ada kendala yang dihadapi. Yaitu "Adakah yang mau menyediakan informasi? Sejauh mana informasi itu dibuka? dan dimana informasi itu bisa diakses?" Alhamdulillah meskipun dirasa masih kurang, beberapa informasi mengenai demak makin banyak dan mudah diakses lewat internet. Beberapa pihak mau membuka diri untuk menyediakan informasi, termasuk warga yang melalui "citizen journalistic" ikut menyumbang kabar lewat berbagai media.

Melalui ini saya mengajak para pemangku kepentinga publik, abdi negara, pelayan masyarakat yang terhormat, untuk menyediakan informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Undang - Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik yang berlaku efektif mulai awal tahun ini, mengamanatkan para pemangku kepentingan publik untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini berarti menjadi kewajiban yang harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat juga kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut ini adalah alamat-alamat url yang menyediakan informasi tentang demak:
Situs ini adalah situs resmi pemerintah kabupaten demak, banyak informasi yang tentang demak di sini terutama berita-berita yang berhubungan dengan pemerintahan dan pembangungan kota wali. namun yang disayang sebagian informasi ini masih ada yang CoPas dari media masa, sehingga ini mengurangi keragaman informasi.

Di sini koran suara meredeka menyajikan berita sebagaimana yang dimuat di versi cetak. setidaknya ada minimal 3 berita yang tampil tiap harinya. Karena ini kolom Semarang dan sekitar, berita yang ditampilkan tidak hanya demak. Jadi jika dihalaman pertama tidak muncul berita dari demak, silahkan klik halaman selanjutnya sampai anda dapati berita yang berkaitan dengan demak.

Berbeda dengan Suara Merdeka, Wawasan menempatkan demak pada kolom yang lebih sempit yaitu Demak-grobogan. jadi dikolom ini lebih banyak tentang demaknya. akan tetapi kelemahannya update beritanya lebih sedikit dibandingkan dengan Suara merdeka.

Jika anda ingin informasi soal kondisi kesehatan di demak, silahkan kunjungi situs ini.

Ini adalah salah satu blog citizen journalistic yang berisi liputan tentang demak dan jepara.. blog ini menyediakan banyak informasi kegiatan masyarakat.

Ini adalah daftar para blogger yang memiliki ikatan dengan demak baik emosioal, demografi, maupun konten. Disini Anda bisa menyelami pemikiran para blogger dari demak.

image courtesy : http://dusunlaman.net/?p=43

21 Komentar

Melalui penulusuran situs tersebut semoga info dan segala kegiatan Di Demak bisa diinformasikan lebih awal dan up to date..

salam kenal dari blogger Pacitan gan...

To Secangkir Teh dan SEkerat roti: ya.. bisaku cuma begini mas..

To Bli Putu: Semoga Begitu..

To Abenk: Thank Kunjungan dan jejaknya..

To Joe: met datang..

Selamat berjuang membuat kemajuan kota...
salam... :)

Kemajuan teknologi hendaknya dijadikan sebagai informasi tiada batas tentang segala sesuatu yang positif yang dapat membangun pradaban hidup manusia, sukses selalu mas...nice post

Wah enak dong warga demak, banyak website yg bisa dikunjungi oleh warga apalagi yg tinggal di rantau... di sini (Minsel.go.id) websitenya cuma satu ngga pernah diupdate lagi...... hhuuuffffff

Salut buat sampean. Mungkin ini sampean anggap sedikit, sepele dan nggak begitu berarti. Tapi bagaimanapun perkembangan suatu daerah memang butuh dituliskan..

Salut banget ada putera daerah yang sampai buat blog sendiri untuk daerahnya supaya makin dikenal.. Jadi pingin ke demak,.. :)

Wah maaf Mas...
lama nggak mampir kesini...
Gimana kabarnya?

To Mas Sriyono: moga bisa ngikut semarang mas atau lebih.. :D

To Bli Budiaryana: moga kita memanfaatkan IT untuk kemajuan bersama

To Ezerzone dari minahasa selatan: thank udah mampir..

To Acaicu: thank bro atas dukungannya

To Mbak Nandini: Ma kasih mbak..

To Pak Mar: senang sekali, ditengah kesibukan pak mar mau mampir.. Alhamdulillah baek dan ada kemajuan.

Siiip...
Memang sudah seharusnya ada warga Demak yang "nDemaki" seperti panjenengan...

To Official MTs Futuhiyah 2 Mranggen:

insya allah katah ingkang ndemak-i, langkung2 panjenengan2 ingkang wongten instansi pendidikan.

sesuai juga dengan UUD pasaL 28F yang meyebutkan; "setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan Lingkungan sosiaLnya, serta berhak untuk mencari, memperoLeh, memiLiki, menyimpan, mengoLah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segaLa jenis saLuran yang tersedia".

biLa apa yang tertuang disana dapat dimanfaat seutuhnya, diharapkan dapat mempermudah sosiaLisasi maupun aktifitas bidang kemasyarakatan secara Luas.

Pengacara Perceraian di PA / PN Semarang & Demak
W.D.Y. & PARTNERS
Tel:
085225446928
089668861613
08883959490
website http://kantorhukum-wdy.blogspot.com/

perkembangan teknologi memang sangat canggih dan berkembang secara pesat .

semoga kota Demak semakin maju dan sukses terus :)

Salam blogger gan.. Salam kenal dari saya blogger pekalongan
Terus beri info yang menarik seputar kota mu demak
kupas tuntas di blog kamu. Salam


EmoticonEmoticon