Selasa, 14 September 2010

Komunitas Blogger Demak

Seperti falsafah lidi, satu lidi mudah dipatahkan seikat lidi tak mudah dipatahkan, begitu gambaran saya mengenai sebuah komunitas. Sebuah komunitas memiliki kekuatan yang luar biasa dibandingkan keberadaan seorang diri. Komunitas Facebooker Dukung Koin Peduli Prita sering kali menjadi contoh dimana suara banyak orang akan lebih didengar dan diperhatikan dari pada gembar-gembor seorang diri.

Keberadaan seorang blogger nampaknya juga tak ubahnya sebuah lidi. Blogger yang hanya seorang diri akan lemah dan akan patah menghadapi berbagai rintangan, Sedangkan blogger yang tergabung
dalam sebuah komunitas akan lebih kuat kala berhadapan dengan rintangan. Seberapa kuat seorang blogger mengatasi kendala yang dihadapai? Secara internal dapat diukur dari kreativitas, produktivitas dan konsistensi seorang blogger. Sedangkan secara eksternal bisa dilihat sebarapa besar pengaruh blogger terhadap perubahan dan kemajuan lingkungannya.

Blogger Tak Bisa Berdiri Sendiri

Dalam diri seorang blogger acap kali timbul rasa bosan, jenuh, dan buntu mendapatkan ide. Kondisi ini akan bisa kita lihat dari konsistensi seorang blogger melakukan posting. Sering kita jumpai dalam bulan-bulan tertentu ada seorang blogger produktif sekali mengeluarkan tulisan, tapi dalam bulan-bulan berikutnya tak satupun postingan ter-update. Dari sisi kualitas juga demikian, terkadang kita jumpai sebuah tulisan yang sangat bagus, bahkan mengalahkan penulis terkenal yang buku-bukunya best seller, Tapi di lain waktu kualias tulisan sangat tidak layak dilirik, bahkan tulisan asal copas aja.

Dalam kondisi yang demikian di mana mood dan ide seorang blogger begitu fluktuatif, butuh dukungan dari banyak blogger lain, terutama yang memiliki kesamaan. Di sinilah keberadaan komunitas sangat dibutuhkan untuk menjaga konsistensi seorang blogger. Sebagai contoh di saat seorang blogger tidak memiliki ide, dengan blog walking, comment, dan chatting antar sesama blogger, mungkin dia akan memperoleh sebuah bohlam 100 Watt yang menyala terang. Sehingga dia bisa menelurkan idenya itu dalam tulisan yang baik.

Satu Suara Akan Di Telan Bumi

Selain itu, ketika seorang blogger melontarkan sebuah ide, seberapa kuatkah ide itu akan didengar dan diperhatikan? juga memberi perubahan? Di dunia maya di mana informasi begitu banyak dan deras mengalir, tulisan seorang blogger mungkin hanya akan dianggap sebagai sebutir pasir di padang yang luas. Orang tak mungkin memperhatikan. Suara seorang blogger hanya akan hilang ditelan bumi tanpa ada gaungnya.

Dalam kondisi seperti ini, blogger-blogger lain sangat dibutuhkan untuk mem-blowup ide-ide perubahan konstruktif yang dilontarkan salah seorang blogger. bahkan hanya sekedar dukungan komentar, kunjungan, dan share membuat ide seorang blogger akan banyak diperhatikan dan didengar.

Banyak Otak Lebih Baik dari Pada Satu Otak

Terkadang seorang blogger akan menganggap postingannya sudah sangat baik dan berkualitas. padahal kalo dilihat dari sudut pandang yang lain postingannya jauh dari layak.

Lagi-lagi, dalam kondisi demikian komunitas sangat dibutuhkan, seorang blogger butuh blogger-blogger lain untuk mematangkan idenya. Kritik, saran dan pemikiran blogger lain akan membuat tulisan seorang blogger makin berkualitas. Di samping itu, ketika ide itu dimatangkan oleh banyak orang, maka akan banyak orang yang merasa memiliki dan bersedia menyuarakannya. Sehingga kemungkinan ide itu akan didengar dan diperhatikan akan lebih besar.

Tulisan ini saya tulis sebagai tanggapan atas dialog singkat saya dengan Pak Muin sebelum lebaran di facebook tentang apakah sudah ada komunitas blogger demak apa belum? Juga tanggapan atas beberapa search engine yang mengarah ke blog ini dengan kata kunci "blogger demak".Harapan saya, semoga akan cepat terbentuk komunitas blogger demak, sehingga mutiara-mutiara ide tentang demak yang tercecer di jagad maya bisa terkumpul dan terangkai menjadi perhiasan indah, sehingga akan diperhatikan dan memberi perubahan ke arah yang lebih baik.

Sampai tulisan ini saya publish saya belum memiliki konsep yang tepat tentang komunitas blogger demak, untuk sementara saya hanya bisa meng-list beberapa blogger demak di sini. Bagi pengunjung yang merasa blogger demak dan belum tercantum di list, silahkan informasikan ke email saya mumunto(et)gmail.com atau tulis di form komentar.

Semoga tulisan ini menjadi inspirasi bagi para blogger untuk membentuk komunitas.

Image courtesy: www.barumenarik.co.cc

27 Komentar

Semoga komunitasnya segera terbentuk, dan menjadi inspirasi buat kami.
Salam hangat dari Kendari.

Hidup Blogger Demak...
KBSK, Komunitas Blogger Sunan Kalijogo...

nah ini...ini...ini...yg q tgu2 dri dlu...
kn q sebarin info ni kawan...biar bloger dmak bs kumpul.....
salam damai...
matursuwun blogQ udah di list....
http://cinta-reggae.blogspot.com/

da lagi nih kawan blogger demak...ni linkNya
http://nafisya-ababil.blogspot.com
http://blogger-demak.blogspot.com

To TuSuda
Amien...

To Pak Mar
Usul namanya bisa dipertimbangkan.

To Blue..
Selamat datang..

To Anggara
Thank info urlnya..
untuk referensi kita, mohon baca artikel di sini
http://gusikhwan.blogspot.com/2010/09/masih-seputar-indonesia-go-blog-tekat.htm

semoga lekas terbentuk komunitasnya, mas ihsan. kendal juga belum ada nih.

Semoga terbentuk komunitasnya...agar bisa saling mempererat tali silaturahmi nantinya...
salam kenal..n..salam persahabatan dari "Blogger Bogor"

he, he,he,,, ternyata banyak juga seDEMAK seperjuangan, yang pinter2 ya, klw menurut aq bagus sekali tuh, di DEMAK ada KOMUNITAS BLOGGER nya http://demak-ku.blogspot.com/2010/09/komunitas-blogger-demak.html < kayak ini, mulai aja dengan tukar Link, biar seDEMAK seperjuangan bisa saling mengenal <-hehe.. mulai aja dari sini http://nafisya-ababil.blogspot.com/

adanya komunitas memang bagus nih. hehe :D

Bagaimana perkembangan komunitasnya. Apa sudah terbentuk dengan nama apa?
Terimakasih infonya.. SALAM..

ada juga IndoBlogger

Komunitas Blogger Indonesia,

yuk ikut diramaikan, semoga Blogger Demaknya semakin ramai :D

Salam dari Blogger Jakarta

To Se7enTime owner Sebuah Tips: thank infonya..

blogger demak ikutan gabung http://ilmusipil.com

absen dlu ahh...

http://asshidayat.blogspot.com

saking Kalicilik

komunitas blogger demak.....??????????????
gemana nich gabungnyaa.........?????????

da perumahan daerah demak,monggo yg minat silakan liat blog http://fatchu.blogspot.com

silakan dishare k sodaranya ato temennya y.. :D

bikin acara yang asyik yuk,,, klo lebaran

salam hangat , dari wonoketingal , karanganyar , demak http://nafisya-ababil.blogspot.com/
semoga makin maju dan banyak yg berkecimpung di dunia maya ini, jadi bisa nambah pengalaman dalam bidang apapun, thx:)

salam kenal dari anak Ngelowetan,semoga blogger demak bisa berbobot........by: popoye http://bocah2mbakalan.blogspot.com

blogger ane mau gabung gan.
http://scienceofit.blogspot.com
ane asli anak kota wali. :)

Gan boleh gabung yach?


Saya punya bisnis nich..!
klik URL-nya yach...!
http://www.program5milyar.com/index.php?id=sugandathea

Lama gak jumpa kawan, kunjungan silaturrahim yg kesekian kalinya


EmoticonEmoticon