Komunitas Blogger Demak

Seperti falsafah lidi, satu lidi mudah dipatahkan seikat lidi tak mudah dipatahkan, begitu gambaran saya mengenai sebuah komunitas. Sebuah komunitas memiliki kekuatan yang luar biasa dibandingkan keberadaan seorang diri. Komunitas Facebooker Dukung Koin Peduli Prita sering kali menjadi contoh dimana suara banyak orang akan lebih didengar dan diperhatikan dari pada gembar-gembor seorang diri.

Keberadaan seorang blogger nampaknya juga tak ubahnya sebuah lidi. Blogger yang hanya seorang diri akan lemah dan akan patah menghadapi berbagai rintangan, Sedangkan blogger yang tergabung
dalam sebuah komunitas akan lebih kuat kala berhadapan dengan rintangan. Seberapa kuat seorang blogger mengatasi kendala yang dihadapai? Secara internal dapat diukur dari kreativitas, produktivitas dan konsistensi seorang blogger. Sedangkan secara eksternal bisa dilihat sebarapa besar pengaruh blogger terhadap perubahan dan kemajuan lingkungannya.

Blogger Tak Bisa Berdiri Sendiri

Dalam diri seorang blogger acap kali timbul rasa bosan, jenuh, dan buntu mendapatkan ide. Kondisi ini akan bisa kita lihat dari konsistensi seorang blogger melakukan posting. Sering kita jumpai dalam bulan-bulan tertentu ada seorang blogger produktif sekali mengeluarkan tulisan, tapi dalam bulan-bulan berikutnya tak satupun postingan ter-update. Dari sisi kualitas juga demikian, terkadang kita jumpai sebuah tulisan yang sangat bagus, bahkan mengalahkan penulis terkenal yang buku-bukunya best seller, Tapi di lain waktu kualias tulisan sangat tidak layak dilirik, bahkan tulisan asal copas aja.

Dalam kondisi yang demikian di mana mood dan ide seorang blogger begitu fluktuatif, butuh dukungan dari banyak blogger lain, terutama yang memiliki kesamaan. Di sinilah keberadaan komunitas sangat dibutuhkan untuk menjaga konsistensi seorang blogger. Sebagai contoh di saat seorang blogger tidak memiliki ide, dengan blog walking, comment, dan chatting antar sesama blogger, mungkin dia akan memperoleh sebuah bohlam 100 Watt yang menyala terang. Sehingga dia bisa menelurkan idenya itu dalam tulisan yang baik.

Satu Suara Akan Di Telan Bumi

Selain itu, ketika seorang blogger melontarkan sebuah ide, seberapa kuatkah ide itu akan didengar dan diperhatikan? juga memberi perubahan? Di dunia maya di mana informasi begitu banyak dan deras mengalir, tulisan seorang blogger mungkin hanya akan dianggap sebagai sebutir pasir di padang yang luas. Orang tak mungkin memperhatikan. Suara seorang blogger hanya akan hilang ditelan bumi tanpa ada gaungnya.

Dalam kondisi seperti ini, blogger-blogger lain sangat dibutuhkan untuk mem-blowup ide-ide perubahan konstruktif yang dilontarkan salah seorang blogger. bahkan hanya sekedar dukungan komentar, kunjungan, dan share membuat ide seorang blogger akan banyak diperhatikan dan didengar.

Banyak Otak Lebih Baik dari Pada Satu Otak

Terkadang seorang blogger akan menganggap postingannya sudah sangat baik dan berkualitas. padahal kalo dilihat dari sudut pandang yang lain postingannya jauh dari layak.

Lagi-lagi, dalam kondisi demikian komunitas sangat dibutuhkan, seorang blogger butuh blogger-blogger lain untuk mematangkan idenya. Kritik, saran dan pemikiran blogger lain akan membuat tulisan seorang blogger makin berkualitas. Di samping itu, ketika ide itu dimatangkan oleh banyak orang, maka akan banyak orang yang merasa memiliki dan bersedia menyuarakannya. Sehingga kemungkinan ide itu akan didengar dan diperhatikan akan lebih besar.

Tulisan ini saya tulis sebagai tanggapan atas dialog singkat saya dengan Pak Muin sebelum lebaran di facebook tentang apakah sudah ada komunitas blogger demak apa belum? Juga tanggapan atas beberapa search engine yang mengarah ke blog ini dengan kata kunci "blogger demak".Harapan saya, semoga akan cepat terbentuk komunitas blogger demak, sehingga mutiara-mutiara ide tentang demak yang tercecer di jagad maya bisa terkumpul dan terangkai menjadi perhiasan indah, sehingga akan diperhatikan dan memberi perubahan ke arah yang lebih baik.

Sampai tulisan ini saya publish saya belum memiliki konsep yang tepat tentang komunitas blogger demak, untuk sementara saya hanya bisa meng-list beberapa blogger demak di sini. Bagi pengunjung yang merasa blogger demak dan belum tercantum di list, silahkan informasikan ke email saya mumunto(et)gmail.com atau tulis di form komentar.

Semoga tulisan ini menjadi inspirasi bagi para blogger untuk membentuk komunitas.

Image courtesy: www.barumenarik.co.cc

COMMENTS

BLOGGER: 27
Loading...


Nama

Agenda,4,Agenda Kita,6,Bisnis,9,Celotehan,19,CPNS 2014,2,Demak Dalam Berita,2,Ekonomi,2,Informasi,39,Inspirasi Wong Demak,3,Intermezzo,1,kitab,1,Kreasi,1,Layanan Masyarakat,3,Lingkungan,3,Lowongan Kerja Demak,2,Opini,2,Peluang Bisnis,2,Pengajian Rutin,1,Pertanian,2,Pokemon Go,1,PSD Demak,2,Ragam,16,Sejarah,4,Tutorial,1,
ltr
item
Demak-ku: Komunitas Blogger Demak
Komunitas Blogger Demak
http://3.bp.blogspot.com/_tGzzcoiKunw/TI7lFYpaRQI/AAAAAAAAApg/8Vwrwu3IbnA/s200/Community_Connection.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_tGzzcoiKunw/TI7lFYpaRQI/AAAAAAAAApg/8Vwrwu3IbnA/s72-c/Community_Connection.jpg
Demak-ku
http://demak-ku.blogspot.com/2010/09/komunitas-blogger-demak.html
http://demak-ku.blogspot.com/
http://demak-ku.blogspot.com/
http://demak-ku.blogspot.com/2010/09/komunitas-blogger-demak.html
true
949093178078590154
UTF-8
Semua postingan yang dimuat Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua Disarankan untuk anda LABEL Arsip SEARCH SEMUA TULISAN Tulisan yang anda inginkan tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah tersalin Tidak dapat menyalin kode/tulisan silahkan tekan tombol [CTRL]+[C} untuk menyalin