Jumat, 17 Juli 2009

Tahun 2010 Waspada Dampak El Nino


El Nino merupakan fenomena alam yang secara ilmiah diartikan dengan meningkatnya suhu muka laut di sekitar Pasifik Tengah dan Timur sepanjang ekuator dari nilai rata-ratanya dan secara fisik El Nino tidak dapat dilihat.

Pada tahun 2010 diperkirakan akan ada fenomena elnino. dimana dengan akan adanya fenomena el nino ini sebagian wilayah indonesia tidak terkecuali demak diperkirakan akan mengalami kemarau panjang, curah hujan sedikit, kekeringan di mana-mana. Pengalaman el nino pada tahun 1997 memberi dampak buruk yang luar biasa bagi Indonesia. Pada tahun tersebut terjadi kekeringan dan kebakaran hutan terparah yang pernah terjadi selama 50 tahun terakhir. Polusi udara yang ditimbulkannya menyebar hingga ke seluruh wilayah ditambah Negara-negara tetangga Malaysia, singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand.

Oleh karena itu warga diminta waspada dengan dampak yang akan ditimbulkannya, sebagiman yang dilansir oleh TVone (jumat-17/7/09)anggota Dewan Pertimbangan
Presiden (Wantimpres), Subur Budi Santoso, pada peresmian pabrik pupuk
organik PT Pupuk Kalimantan Timur Tbk di Banyuwangi mengatakan "Mudah-mudahan tidak
terlalu berat El Nino tahun depan (2010). Jadi petani harus hati-hati,
pabrik pupuk juga harus sediakan stok"

Untuk mengatasi dampak buruk el nino 2010, pemerintah pusat telah menyiapkan dana siaga el nino sebesar 2-3 triliun rupiah. Sementara itu pemkab demak seyogyanya juga memikirkan apa yang akan terjadi. mulai dari krisis air hingga masalah pangan.


Referensi:


EmoticonEmoticon