Senin, 27 Juli 2009

Demak Kota Bergoyang

Demak Kota Wali itulah slogan yang selalu di sebut-sebut untuk Demak. Akan tetapi bila anda berkunjung ke Youtube. maka kesan kota wali akan berubah seratus delapan puluh derajat. Demak bukan lagi kota wali lagi, tapi menjadi demak kota "bergoyang". Ketika mengetik demak di kolom pencarian maka youtube langsung menyarankan kata "bergoyang" untuk urutan pertama dan kata-kata serupa di daftar saran pencarian berikutnya. Dan di halaman pertama hasil pencarian dengan keyword "demak" maka akan di dapati Video yang isinya sangat jauh mencerminkan demak sebagai kota wali yang religius, tapi justru sebaliknya berisi video yang memancing syahwat. Hanya satu hasil yang menunjukkan demak sebagai kota yang religius yaitu video denga judul "pengajian bersama kyai goro goro demak". Sendangkan halaman berikutnya malah tambah parah isinya. ful demak bergoyang.

Melihat hasil pencarian dengan keyword "Demak" di youtube saya jadi berfikir, mungkin orang-orang yang tidak tahu demak akan mengira bahwa kata Wali dalam "Demak Kota Wali" bukan lagi berarti orang kekasi Allah, tapi bisa dipelesetkan menjadi Wanita Liar. Ya wanita liar yang bergoyang seronok nggak tahu aturan dan norma agama.

Pentingkah Citra Demak di Youtube?

Bagi sebagian orang mungkin tidak penting. Tapi bagi saya ini masalah penting. karena Youtube adalah situs terbesar yang menampilkan video-video di seluruh dunia. Seluruh orang di indonesia bahkan dunia melihat semuanya. Apa jadinya ketika pemkab demak gencar-gencarnya mempromosikan demak sebagai kota wisata religius, Kemudian ada orang penasaran dengan demak dan mencari video-video yang menampilkan dan menggambarkan demak di youtube? bukannya di suguhi suasana sejarah dan religius tapi goyangan seronok ala wanita liar.

Bagaimana mengatasinya?

Saya belum begitu tahu bagaimana algoritma pencarian yang dipakai oleh youtube dalam mencari dan merangking video untuk ditampilkan dihalaman hasil pencarian. Tapi untuk sedikit mengatasinya coba banyak-banyakin posting video apapun yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat demak yang tidak berisi adegan seronok dengan diberi judul "Demak ..... " lalu banyak-banyak dilihat dan dikomentari. mudah-mudahan video-video tersebut bisa mengganti daftar video goyangan seronok yang ditampilkan oleh youtube.

6 Komentar

ah, sepertinya fenomena semacam ini tak hanya terjadi di demak saja, mas. kota2 lain pun mengalami hal yang sama. bisa jadi lantaran vido2 yang banyak keyoword bergoyang yang diburu banyak orang sehingga ketika mencari nama demka di search engine, selalu muncul kata bergoyang, hehe ... yang pasti demak tak seperti itu. itulah salah "kekejaman" dunia maya, haks.

@pak sawali

bisa saja seperti itu.. mudah2an bisa diatasi

Demak dibilang kota WALI kan sejak dipimpin bupati Endang Setyaningdyah yang memang liar. Masak di tengah orang tarawihan malah dia nari-nari kayak orang gila di kabupaten.

ga usah dipikirlah itu,, biar aja yang bergoyong, yang penting jangan saling menyalahkan dan menjelek-jelekan.


EmoticonEmoticon