Selasa, 02 Desember 2014

100 Usaha Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Pelajar / Mahasiswa

Seperti biasa pagi hari di desaku ada beberapa penjual tahu dan tempe berliling dan berteriak menjajakan dagangannya, "tahu tahu..". Tapi pada Jumat pagi kemaren suara teriakan"tahu tahu..." sepertinya lain dari biasanya yang kudengar. Setelah saya lihat di jalan ternyata benar yang jual bukan orang yg biasanya. Rupanya ada penjual tahu yang baru, orangnya masih muda kira2 usianya se anak SMA-an.

Keesokan harinya saya tanya keluarga tentang anak muda penjual tahu yang kemaren saya lihat. Kata bu lek saya ternyata dia salah satu murid di sekolah Aliyah di dekat rumah, pagi hari sebelum berangkat sekolah atau pas libur, dia jualan tahu. "Wah keren" batinku..

Jika kita membaca kisah2 orang sekarang yang dianggap sukses, kebanyakan mereka ditempa dan terlatih sejak masih kecil. Baik dibentuk karena keadaan atau orang tua melatih mereka sejak kecil, semua berdampak pada kesuksesan mereka. Mario Teguh, Dahlan Iskan, Khorul Tanjung, Ciputra, Rahmat Gobel, dan sederet nama lainnya yg dianggap sukses, masa kecilnya diisi dengan kerja keras.

Tidak usah jauh-jauh, orang tua kita atau tetangga kita yg saat ini terbilang sukses, bagaimana masa kecilnya?

Empat jempol saya buat adek2 yang masih sekolah atau kuliah tapi mau melakukan aktivitas bisnis, kegiatan sosial, ekstrakurikuler, dan pekerjaan positif lainnya. Semua itu akan bermanfaat buat masa depan.

Apa saja yang bisa dilakukan? Banyak aktifitas yang bisa dikerjakan baik yang bersifat bisnis maupun sosial, baik yang menghasilkan uang maupun berbuah pengalaman, antara lain :
- Menjadi panitia acara / Event Organizer
- MC/Presenter acara, radio, dll
- Makelaran HP, Acesoris otomotif.
- Jualan Kaos , Jaket, jersey baik satuan atau utk kelompok / angkatan
- Jualan online
- Menyalurkan hobi spt bermusik dgn ngamen di bbrp event atau kafe
- Menjual kerajinan tangan hasil karya sendiri / orang lain

Menurut anda kira2 apa usaha/pekerjaan lainya yang bisa dilakukan?


EmoticonEmoticon