Sabtu, 30 Agustus 2014

Mlatiharjo Wujudkan Kampung Inggris

Tags

2015 dibuka untuk umum.

Setelah sukses dengan kampung wisata agro, Mlatiharjo Kec. Gajah Kabupaten Demak akan menambah program English Camp (Kampung Inggris dalam peta desa wisatanya.

Sebelumnya desa wisata Mlatiharjo hanya mengandalkan agrowisata edukasi sebagai daya tarik.

Kepala Desa Mlatiharjo, Heri Sugiartono mengatakan kegiatan kampung inggris akan dipusatkan di Dukuh Tegalombo, Desa Mlatiharjo, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Menurutnya pembangunan kampung inggris tersebut sudah tahap penataan lokasi.

"Sudah penataan lokasi, seperti penentuan lokasi belajar, rumah warga yang dijadikan homestay, dan lain-lain. Pada November nanti kami sotf launching untu diujicobakan" katanya. Selasa (26-8-14).

Kampung English nanti akan dikonsep lebih mendekat dengan alam. Yakni dengan belajar bahasa inggris secara kontekstual di lingkungan Desa Mlatiharjo.

Menurutnya hal itu akan menjadi ciri khas bagi kampung Inggris di desa Mlatiharjo. Dengan demikian akan memudahkan dalam pembelajaran komunikasi dengan bahasa inggris.

Kultur Desa

"Di sini adanya sawah, pertanian, dan lain-lain, ya kami fokuskan pembelajaran bahasa inggris ya tidak jauh dari itu. Sesuai alam sekitar saja dan tidak meninggalkan kultur desa Mlatiharjo ini". Ujar Moh David Mauliniam, fasilitator dan penggagas kampung inggris.

David sudah merencankan beberapa program yang akan digunakan di kampung inggris tersebut. Mulai dari paket liburan untuk tingkat SD hingga mahasiswa berupa program fullday dan program khusus.

Pihaknya jugajuga sudah mempersiapkan program untuk warga sekitar. Program tersebut dikhususkan untuk pemuda desa tersebut yang dilakukan dua kali dalam seminggu.

Menurutnya butuh waktu sekitar tiga hingga empat bulan untuk memnyiapkannya. " kira - kira kampung inggris akan dibuka untuk umum pada awal 2015" ujarnya lagi.

"Namun tidak seperti membalik tangan. Butuh waktu sekitar lima tahun untyk mencapai cita-cita itu" kata Heri Sugiartono Kades Mlatihajo..