Minggu, 22 Agustus 2010

Menanti RSKW Live Streaming


Ketika posting daftar radio-radio di Demak dan Sekitarnya (Semarang, Kudus, Pati, Purwodadi, dan Jepara) yang telah live streaming, saya merasa sedih. Sebab radio yang menjadi kebanggan warga Demak, Radio Suara Kota Wali (RSKW) belum bisa live streaming. Postingan yang berjudul Streaming-an Radio Di Demak dan Sekitarnya,justru berisi radio-radio tetangga.


Namun dengan telah dipasangnya fasilitas jaringan internet di studio RSKW, di harapkan radio milik Pemerintah Kabupaten Demak ini bisa menyelengarakan siaran live streaming. Server yang telah disewa oleh Pemkab dari Telkom dan Jaringan internet yang ada, setidaknya bisa dimanfaatkan untuk live streaming. Jangankan jaringan yang dimiliki oleh pemerintah, sekedar pakai modem biasa aja bisa digunakan untuk streaming.

Cara membuatnya juga mudah, bahkan tidak perlu bayar. Cukup dengan software free yang beredar di pasaran sudah bisa membuat radio streaming. Software tersebut yaitu Icecast dan Shoutcast untuk diinstal di server, dan Winamp + ShoutcastDSP plugin for Winamp atau Edcast plug in for Winamp yang akan diinstal di komputer di studio. Cara membuatnya juga mudah, banyak tutorial cara membuat radio live streaming yang beredar di internet. Untuk software Icecast, cara buatnya bisa diklik di sini. Sedangkan cara buat live streaming dengan shoutcast bisa dilihat di sini. bila kurang jelas bisa seacrh di google.

Namun jika tidak mau repot-repot, bisa menyewa jasa profesional. Dengan jasa profesional anda bisa terima jadi bahkan di sertai manual dan training menjalankan radio live streaming.

Image courtesy: http://demakkab.go.id/component/content/article/677.html

6 Komentar

Radio Bintoro Karya kuwi opo wis ilang yo Mas...

Wekdal EsDe kula nate krungu RBK. nanging amargi frekuensine ngagem AM dadosipun arang ngrungokke..

Dari kecil sampai SMA biasa dengerin RSPD dan RBK (Radio Bintoro Karya)termasuk kirim-kirim salam. Seiring kemajuan tehnology sekarang ini, mbok yaho...kalau bisa pakai Streaming...kalau perlu minta dianggarkan/diusulkan pihak Pemda. Terus terang kami rindu dengar musik..maupun obrolan2nya. Maklum saat ini kami sudah berkeluarga dan tinggal di Palangka Raya KALTENG. Mohon dong... Pihak-pihak yang terkait. Agar Radio Streamingnya cepat terwujud. Amiiin.( Pak. Kardi.HP. 08125085709)Tks.

betul sekali pak kardi saya jg warga demak dan tingaal di kalbar cari2radio demak tdk bs dapatkan padahal saya sangat rindkan suasana kampung halaman.harap di perhatikan

mau dengerin orang orang ilang yang diceraikan harus diradio... lha ini online ga radio ya?? soalnya kami butuh informasi


EmoticonEmoticon