Mempromosikan Potensi Demak

Kuliah di sebuah perguruan tinggi negeri dan kerja di Semarang, membuatku bertemu dengan teman-teman yang berasal dari berbagai penjuru nusantara. Dalam sela - sela kerja, saat istirahat, atau waktu ngobrol santai, tak jarang saya membicarakan kondisi daerah masing masing. "Eh kamu dari demak ya.. " itulah pertanyaan dari seorang teman yang acapkali memicu pembicaraan lebih dalam dan luas tentang daerah asalku, demak, mulai dari kondisi geografis, letaknya dekat ini dan itu, sosial budayanya sampai yang terkenal dan yang khas di demak.

Topik masjid agung demak kerap kali menjadi obrolan yang menarik terutama oleh teman-teman dari luar jawa tengah, terlebih dari sumatra. Mereka penasaran sekali, seperti apasih Masjid agung demak itu. Nama masjid agung demak begitu familier di benak temen-temen karena masjid demak selalu menghiasi buku-buku sejarah islam di nusantara yang diajarkan di sekolah-sekolah. Para guru sejarah juga ustadz dapat dipastikan mereka mengisahkan Peran wali songo dan Kerajaan demak dalam menyebarkan agama islam. Dan yang menjadi bukti sejarah dan warisan fenomenal perkembangan islam di nusantara adalah masjid agung demak. Wajar jika teman-teman suka tanya mengenai masjid agung demak. Yach mumpung ketemu orang demak langsung.

Saya yakin obrolan-obrolan yang saya alami mengenai demak diatas, tidak saya saja yang mengalami. Hampir seluruh orang demak yang kuliah dan kerja di luar kota mengalami pembicaraan tersebut. Mereka akan membicarakan mengenai asal mereka yaitu "demak", meskipun hanya soal "makanan khas demak itu apa yach.." "Di demak ada kyai yang sakti nggak"

Promosi Murah dan Efektif

Tanpa disadari diskusi dan obrolan ringan di atas bisa menjadi media promosi yang murah dan efektif dalam memasarkan pariwisata demak serta potensi-potensi lainnya yang laik jual. Pemaparan kepada teman mengenai masjid agung demak dengan keunikan dan mitosnya bisa mendorong teman untuk berkunjung ke Masjid agung demak. Mereka pasti penasaran dengan Masjid yang tiang soko gurunya terbuat dari tatal ( bahasa jawa - kumpulan limbah potongan kayu).

Berbicara dengan teman tentang kerang hewan laut yang lezat yang melimbah di desa bungo Kecamatan wedung, atau Pusat kepiting super di Kedung Karang dan Kedung Mutih mungkin akan memperkenalkan pada banyak orang bahwa demak punya Kerang yang banyak, Udang yang bagus, dan kepiting yang super dan murah. Jika yang diajak bicara tidak tertarik dengan bisnis seafood, kemungkinan dia akan menyampaikannya kepada teman-temannya yang berbisnis seafood.

Baru-baru ini seorang temen pesan bibit jambu merah delima yang jadi icon anyar kabupaten demak. Jambu merah delima yang popularitasnya makin menggeser Belimbing Demak, dipesannya karena saya menceritakan tentang keunggulan jambu merah delima, jambu yang mahal, enak, besar, dan mulai banyak dijual di supermarket.

Aktifitas Yang Tidak Mudah.

Kendati mengobrol itu mudah, bahkan jadi kebiasaan sehari-hari. Namun mengobrol tentang demak daerah sendiri tak selamanya mudah. Setidaknya ada beberapa kendala, yaitu:

Tidak Pede. Mental dijajah 350 abad ternyata membuat masyarakat masih minder untuk menceritakan ini lho kota kelahiranku, kondisinya baik, aman, memiliki sejarah yang hebat dalam penyebaran islam di nusantara, dsb. Rasa inferior sudah menghadang terlebih dahulu. Disamping itu, demak yang miskin, kumuh, dan tidak tertata rapi, tak urung membuat siapapun ogah menceritakan kondisi demak, apalagi potensinya.

Tidak Tahu. Jika tidak tahu tentang demak, apa yang mau diobrolin dan disampaikan? Tak jarang ada orang demak yang tak tahu tentang demak, bahkan sejarah singkatnya aja tidak tahu. Arti logonya juga nggak ngerti. Apalagi potensi-potensi demak. Tahukah orang sayung kalo di karanganyar terdapat ratusan hektare tanaman bawang merah? Begitu juga orang karanganyar apakah ditahu kalo di Manggren dan Mijen ada sentra kerajinan eceng gondok. Ketidak tahuan akan demak inilah yang menyebabkan orang demak tidak bisa menceritakan pariwisata dan potensi nya dengan baik.

Diakhir tulisan saya mengajak orang-orang demak, sampaikanlah pada teman-teman anda mengenai demak dengan baik, ceritakan potensi ekonomi dan pariwisatanya, kazanah sosial budaya serta religinya, agar mereka tertarik untuk datang ke demak. Jangan ceritakan tentang mandi di sungai : D. Jika ada orang luar datang ke demak, maka akan ada perputaran uang dan pertumbuhan ekonomi. Pada akhirnya akan mensejahterakan masyarakat demak.

Yuk Promosikan Demak ...

COMMENTS

BLOGGER: 9
Loading...


Nama

Agenda,4,Agenda Kita,6,Bisnis,9,Celotehan,19,CPNS 2014,2,Demak Dalam Berita,2,Ekonomi,2,Informasi,39,Inspirasi Wong Demak,3,Intermezzo,1,kitab,1,Kreasi,1,Layanan Masyarakat,3,Lingkungan,3,Lowongan Kerja Demak,2,Opini,2,Peluang Bisnis,2,Pengajian Rutin,1,Pertanian,2,Pokemon Go,1,PSD Demak,2,Ragam,16,Sejarah,4,Tutorial,1,
ltr
item
Demak-ku: Mempromosikan Potensi Demak
Mempromosikan Potensi Demak
http://1.bp.blogspot.com/_R3gfExuJAFc/SjfFgOsf6sI/AAAAAAAAAHM/RMG9hheM1nM/s200/promote-demak.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_R3gfExuJAFc/SjfFgOsf6sI/AAAAAAAAAHM/RMG9hheM1nM/s72-c/promote-demak.jpg
Demak-ku
http://demak-ku.blogspot.com/2009/06/mempromosikan-potensi-demak.html
http://demak-ku.blogspot.com/
http://demak-ku.blogspot.com/
http://demak-ku.blogspot.com/2009/06/mempromosikan-potensi-demak.html
true
949093178078590154
UTF-8
Semua postingan yang dimuat Tulisan tidak ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal membalas Hapus Oleh Beranda HALAMAN TULISAN Lihat Semua Disarankan untuk anda LABEL Arsip SEARCH SEMUA TULISAN Tulisan yang anda inginkan tidak ditemukan Kembali ke Beranda Ahad Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahd Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des Sekarang 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Salin semua kode Seleksi semua kode Semua kode telah tersalin Tidak dapat menyalin kode/tulisan silahkan tekan tombol [CTRL]+[C} untuk menyalin